1/29/2014

Not So D-I-Y Project!


 LOL! sorry for the big selfie right at the top of this post.
anyway... ini proyek DIY pertama di tahun 2014 untuk keponakan perempuan pertama di keluarga saya and also in my life! she's the reason why I di panggil 'tante' sama anak-anak kecil.
keponakan saya namanya Thara. Sejak umur kira-kira 7 atau 8 tahun dia pindah ke Belanda karena alasan yang pertama dia memang warga negara Belanda, dan yang kedua my sister thinks that education in Holland is better than Indonesia (I'm not sure about it to be honest) PLUS it's free for all citizens of the Netherlands. Bahkan gak cuma sekolah gratis, seluruh anak yang berwarga negara Belanda juga dikasih uang saku yang kalau dari Euro di ubah ke Rupiah lebih kurang bisa sebesar gaji UMR warga Jakarta. Ugh she's a lucky girl! hehe kapan Indonesia bisa seperti itu? maybe someday if I become a president. in. parallel. universe.
and last year my little niece turned 12 years old. time flies buddy! I miss her so much. Oh iya, saya juga dapet kabar katanya dia paling pinter dikelas Matematika yeah I'm a proud aunty! dan untuk ukuran anak berdarah Asia dia juga termasuk jangkung. waaah gak kebayang kamu seperti apa wujudnya sekarang. and last but not least she got her first period! ya Allah my little niece what happen?! you're growing up! Alasan kita sadar bahwa diri kita tambah tua, berkurang umur dan jatah hidupnya itu ketika kita ngeliat orang-orang dan hal-hal di sekeliling kita sudah berubah. So today, I deserve to be called 'tante' karena ternyata kalau ngeliat umur ya emang udah pantes sih ya karna temen-temen sebaya aja udah banyak yang punya anak. hehe Alhamdulillah!

back to main topic.

Yang dari awal niatnya cuma pengen nulis surat hasil print out dari doc file akhirnya berubah jadi kerjaan semalam suntuk bikin notebook untuk Thara dengan pertimbangan yang pertama kalau bikin notebook bisa berguna untuk tulis-tulis, yang kedua bisa jadi barang yang memorable banget secara itu surat yang tadinya mau di print di kertas HVS jadi berubah haluan ke kertas Art Cartoon haha. Alhamdulillah akhirnya jadi dalam waktu 2 hari; 1 hari design, 1 hari printing jilid, dll.

terus mana tutorialnya?

iya maaf! makanya judulnya Not So D-I-Y Project! emang karna yang DIY cuma ngumpulin serpihan clip-art dari Google aja hihi hal lainnya dikerjain sama tukang jilid dan printing. *crybut don't worry I still have so many projects ahead! I'll show you very soon in next post insyaAllah.





walaupun dikerjain sama tukan jilid dan printing tapi saya bisa kasih tau step-step nya:
  1. tentuin desain yang kamu mau. bisa bikin di Photoshop, Paint atau bebas terserah kamu mau pakai media apa aja yang penting output harus berupa file .JPG atau .PNG
  2. kamu harus tentuin mau sebesar apa notebook nya? aku rekomendasiin ukuran A5 karena itu ideal gak terlalu kecil tapi gak terlalu besar.
  3. cari jasa printing A3 yang nyediain bahan kertas Art Cartoon. kalau mau hemat hindari Sna*ppy. hehe 
  4. beli kertas HVS ukuran A4 yang isi 10 lembar bisa warna putih atau warna warni sesuai selera dan kebutuhan. beli aja di tukang foto kopi  pasti ada dan jangan lupa setelah beli minta abangnya untuk motong kertas HVS itu jadi 2. kenapa? karena kertas A4 yang dipotong jadi 2 akan menghasilkan 2 buah kertas ukuran A5. *tolong bahasa Indonesia saya baku!*
  5. jilid deh! spiral besi warna putih.

kalau total uang yang saya keluarin lebih kurang Rp. 25 000,-
  • print A3 x 2 lembar, @ Rp 7.500 x 2 = Rp. 15.000,-
  • kertas HVS per 12 lembar @ Rp. 2000 x 2 = Rp. 4.000,-
  • jilid spiral = Rp. 5.000,-

ribet gak? gak dong ya kalau liat hasil kerjaan sendiri pasti puas dan seneng.
and after all the hard work and tiredness, let's taking selfie before wrapping it!



sekarang notebook sudah terbungkus kertas kado dan siap dibawa sama Kakak saya yang tanggal 30 Januari ini berangkat ke Belanda. semoga lancar selamat sampai tujuan. mudah-mudahan tahun depan gantian saya yang jenguk Thara kesana hihi Amin ya Allah!

anyway, I'm trying to post my #OOTD and guess it's failed. LOL! I couldn't make a nice one.

anyone notice that I become so colorful now?
well, no one had noticed that I love black actually
SMOOCH! the biggest lame selfie is right in front of you
thank you for reading my blog. I wish you a lovely day!

love,
Cikita

No comments:

Post a Comment