7/11/2014

Au Revoir Zine by WILDRPS

oke kali ini saya mau review tentang zine dari Semarang yang bernama Au Revoir. kenapa zine? kenapa beli dari Semarang (padahal zine dari Jakarta ga pernah dibeli)? jawabannya cuma satu, karna tiba-tiba jatuh cinta. ewh. hahaha! setelah sekilas baca zine nya di booth Gerobak Hysteria, liat akun Instagramnya wildrps, langsung follow, langsung komen bilang kalau mau beli zine, add line, order (fyi: she's really kind and humble), dan ta-da zine sampai dengan selamat di rumah! jadi kira-kira ini nih packaging nya.

open it carefully
what's inside the package?

got a sweet post card from the humble, lovely, kinda sweet little girl, wildrps.

pocket zine




4 edisi Au Revoir


to be honest, saya jatuh cinta pertama kali sama edisi 3 karna cover-nya. yes, I judge the book by its cover. rada norak sih tapi saya baru pertama kali ngeliat doodling yang bagusss secara langsung. saya langsung iri kenapa saya ga bisa bikin karya begini. *gemes* bagi saya zine Au Revoir itu punya ciri khas gambar doodling yang dibuat sama sang penulis sendiri pokoknya ilustrasinya bener-bener out of the box lah bahasa kerennya. bisa diliat beberapa halaman didalemnya...


yang namanya zine pasti kontennya suka-suka hati si penulis aja. bisa gambar doang, curahan hati, ulasan tentang sesuatu atau apalah yang mereka mau. saya dan Au Revoir punya banyak common interest. pertama, di edisi 1 isinya lirik-lirik lagu favorit saya yang kebetulan udah lama gak saya dengerin. pas buka halaman demi halaman tiba-tiba jadi excited, nyalain musik dan nyanyi lagu-lagu itu dengan suara rendah. ah, enak banget dengerin musik sambil baca zine. kedua, the interview! gosh! I love reading interview.  saya hampir gak peduli sebuah wawancara dilakuin oleh siapa dan ngomongin apa. yang saya tau dalam sebuah wawancara pasti selalu ada hal baru yang bisa saya ambil. wildrps banyak ngelakuin wawancara mulai dari ilustrator idolanya sampai musisi yang pernah mampir di Semarang. saya seneng banget bacanya dan bener-bener menginspirasi saya untuk belajar nulis daaan memberanikan diri mewawancara idola idola saya diluar sana. *crying* yang ketiga, quotes dan gambar yang lucu. saya inget tiba-tiba ada gambar Ade Rai bersayap dan quotes nya untuk nyuruh kita belajar. haha I have no idea wether it's a writer's spontaneous or she implied something else. yang jelas aku sukaaa! dan masih banyak alasan lainnya yang kalian harus baca sendiri.

fave song's lyric from Living Sisters


thank you wildrps udah bikin perempuan nun jauh dari Semarang terinspirasi. you'll never know small things you did everyday could inspire stranger like me! semoga kamu bisa terus berkarya gak cuma di Semarang tapi dimanapun kamu berada! I wish to see you soon. X

thanks to @wildrps & Gerobak Hysteria

***
setelah resmi lulus kuliah orang tua mulai nanya saya mau kerja apa? kerja dimana? pertanyaan yang sangat sulit dijawab saat itu karna saya punya pengalaman magang di beberapa kantor selama kuliah, saya jadi punya perasaan bahwa kerja kantoran itu ga enak dan rutinitasnya menyiksa bagi saya. saya gak mau kerja kantoran, kerja di perusahaan orang dengan segala kegiatan yang membosankan (pada dasarnya kita merasa bosan ngelakuin sesuatu simply because we don't like it. right?), maka dari itu saya bilang ke orang tua saya sementara ini untuk menekuni hal yang saya dambain dari kecil yaitu design  dan ilustrasi (syukur alhamdulillah orang tua saya mau ngertiin)untuk hal ini saya sering konsultasi sama salah satu sahabat saya, dia yang ngajarin dan ngarahin saya gimana caranya bikin 'sesuatu'. dengan segala kekacrutan yang ada, saya mulai percaya diri untuk berkreasi dan mamerin apa yang udah saya buat ke 'Instagram' pribadi saya. ih aseli malu banget kalo ngeliat karya-karya pertama kali belajar. rasanya gak percaya diri! eh, tapi ternyata ada aja yang suka. walau cuma satu orang yang apresiasi karya saya tapi it means so much to me! rasanya seneng banget dan bikin semangat untuk bikin karya-karya baru.

singkat cerita, waktu itu saya lagi ada di pameran buku kota Semarang. saya mulai ngerasa bosen berada ditengah pameran buku itu karna saya sama sekali gak nemuin buku yang saya suka. akhirnya, saya dan -sebut saja- E jalan menuju pintu keluar gedung pameran. saya yang saat itu pikirannya lagi fokus mikirin destinasi kunjungan berikutnya di kota Semarang tiba-tiba buyar karna E ngajak saya mampir di booth yang bernama Gerobak Hyteria. selama E dan temen-temen Gerobak Hysteria saling tegur sapa dan ngobrol-ngobrol ringan, saya cuma cengar-cengir gak paham booth apaan ini sebenernya (ternyata E udah lebih dulu tau lewat sosial media). saya pun celingak-celinguk liat tumpukan film, katalog dan buku. saya ambil buku kertas hvs polos fotokopian di jilid warn ungu. ternyata itu zine karya wildrps saat itu saya langsung tertarik untuk beli zine ini gak pikir dua kali.

saya inget obrolan saya sama salah satu sepupu. dia bilang ke saya. "kalau kamu bahagia mendapat kebaikan dari orang lain, bersyukurlah, dan teruskan kebahagiaan itu dengan berbuat baik kepada orang lainnya." jujur, semua serba spontan banget. dan ini pertama kalinya saya purchase something bukan cuma karna suka tapi juga ada rasa ingin support dan apresiasi sebuah karya. because I know how does it feel to be appreciated dan saya selalu inget kata-kata sepupu saya itu. ini salah satu aksi nyata yang coba saya lakuin, gak nyangka, ternyata nyenengin banget.

saya gak pandai nulis tapi saya harap blogdiary ini bisa ngebantu saya supaya makin pinter ngerangkai kalimat dan menyampaikan sesuatu dengan jelas. buat siapapun yang baca blog saya, terimakasih banyak!

love,
Cikita

2 comments:

  1. cikita, terima kasih banyak untuk apresiasinya! nisa baru baca, dan merasa terharu karena gak menyangka akan ada yang menulis sambil memuat gambar zine yang aku buat seindah ini.
    berharap kita bisa lekas ketemu ya :D deep hug from here.

    nisa (@wildrps)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... aku jadi malu akhirnya kamu baca tulisanku! maaf ya kalau ada kata kata yang salah. terimakasih juga udah mampir ke blogku. wish to see you very soon! :D

      xoxo,
      Cikita <3

      Delete