Friday, January 22, 2016

Sewing Tools for Beginners + free download shopping list



pada tulisanku kali ini, "What To Buy: Sewing Tools For Beginners" aku bikin list peralatan menjahit yang dibutuhkan untuk pemula. bagi kamu yang masih sangat baru dalam dunia jait menjait dan mau tau apa aja sih yang dibutuhin? you've came to the right place! kita mulai dari nomor satu.

1. kain blacu
kain blacu harga: ± Rp. 20.000 /per Meter
sepintas bahan ini seperti kanvas tapi kalau diliat lebih jeli lagi kain blacu dan kain kanvas sangatlah berbeda dari segi serat dan ketebalan kain. harganya pun relatif berbeda, kain blacu lebih murah dari kanvas. kain ini juga sangat umum digunakan untuk tote bag lhotekstur kain blacu yang tidak licin dan tidak terlalu tebal, kain ini sangat cocok dipakai untuk pemula yang ingin belajar menjait. kain blacu ini sering ditemukan berwarna broken white. jarang banget ada kain blacu putih cerah. so, kalau kamu pergi ke toko kain untuk beli blacu jangan kaget ya, itu bukan kotor tapi memang warnanya seperti itu. kain blacu tersedia dalam berbagai jenis sesuai harga. biasanya semakin murah kain akan semakin tipis. tips dariku belilah kain blacu yang tidak terlalu tipis agar hasil jaitan terlihat bagus.

kain vislin harga: ± Rp. 10.000
bagi pemula, kain ini antara penting dan gak penting untuk dibeli. fungsi kain ini biasanya untuk pelapis pakaian dibagian lipatan-lipatan blus wanita. kain ini sangat tipis, nerawang, dan seratnya seperti tisu basah.

2. rader, karbon dan gunting
rader harga: ± Rp 10.000
alat bergerigi yang menyerupai pemotong pizza ini berfungsi maksimal jika digunakan bersama kertas karbon berawarna untuk menjiplak pola kain dan menandai kampuh pada baju. ada dua tipe rader yang pernah aku liat, bergerigi dan polos bedanya hanya di hasil akhir. rader bergerigi akan membuat garis titik-titik sedangkan yang polos akan membuat garis lurus.

karbon harga: ± Rp 5.000
yang waktu kecil pernah belajar curang dalam menggambar pasti tau kertas karbon itu yang mana hehe bedanya kalo dalam jait menjait, pemakaian kertas karbon bukanlah kecurangan melainkan keharusan. karna dalam membuat pola diatas kain haruslah sempurna dan simetris baik dalam pemotongan kain maupun dalam menjait pola A dan pola B menjadi baju utuh. disitulah, garis-garis bantu yang dihasilkan dari rader dan karbon sangat berguna.

gunting kertas harga: ± Rp 10.000 - Rp 45.000
gunting kertas untuk menggunting pola. boleh beli gunting yang murah untuk pemula tapi kadang semakin mahal harga gunting semakin bagus ketajamannya dan kemampuannya untuk memotong kertas tebal dengan sempurna.

gunting kain harga: ± Rp 100.000 - Rp 400.000
aku pernah coba pakai gunting kain yang murah dan yang mahal. keduanya sama-sama berfungsi untuk memotong kain namun lagi-lagi gunting yang murah hanya mampu memotong sedikit lapis kain. contohnya 3 lapis kain blacu yang dipotong dengan gunting murah lebih terasa sulit dan berat digunakan. sedangkan gunting kain yang mahal mampu menggunting hingga 5 lapis kain belacu bahkan lebih dengan sangat mudah dan ringan seperti menggunting selembar kertas. tips dari saya, jangan pernah menggunakan gunting kain untuk media apapun selain kain karna akan merusak ketajamannya.

3. jarum dan meteran
jarum pentul dan jarum tangan harga: ± Rp 3.000 - Rp 7.000
yang pake jilbab pasti punya lusinan jarum pentul nih. iya kan? jarum pentul dalam menjait berfungsi untuk menahan kain supaya gak 'lari-larian' saat dijait di mesin. selain itu dalam istilah fashion biasa dikenal sebutan moulage, dimana kamu membuat pola langsung pada permukaan badan manekin memakai pita pita kecil untuk menandai pola dan dilanjutkan dengan peletakan kain. semua dilakukan dengan bantuan jarum pentul. bentuk jarum pentul bervariasi, ada yang dengan bola warna-warni diujungnya namun ada juga yang beberbentuk seperti paku kecil.

sedangkan jarum tangan memiliki lubang sangat kecil diujungnya sebagai celah untuk memasukan benang yang kita gunakan untuk menjait. menjait dengan tangan sangat umum dilakukan untuk hal-hal tertentu misalnya sum (lipatan pada bagian bawah celana atau rok), menjait kacing yang copot, menjait baju yang bolong, atau memasang patch. intinya menjait dengan tangan biasanya untuk kasus yang ringan atau untuk detailing seperti payet, mote dan lain-lain. jarang sekali ada orang yang menjait baju keseluruhan menggunakan hanya jaitan tangan.

pita meteran harga: ± Rp 3.000
sangat dibutuhkan untuk mengukur lingkar badan sebelum membuat pola.

4. dedelan dan benang
benang harga: ± Rp 3.500
tips dalam memilih benang, biasanya si penjual selalu bertanya mau merk apa? jawab aja, "yang paling bagus!" karna aku pernah beli ngasal dan hasilnya mengecewakan. sering putus dan jika diliat dengan teliti benang-benang itu brudulan dan bercabang.

dedelan harga: ± Rp 5.000
dedelan berfungsi untuk membuka jaitan. ini salah satu alat jait yang paling males aku gunain. karna kalo make dedelan berarti jaitan yang udah cape-cape kita bikin salah dong, dan harus didedel dan harus jait ulang. nooo! :(

sebagai rangkuman, kamu bisa download daftar belanja "What To Buy: Sewing Tools For Beginners" secara gratis!




cara download: klik link diatas - klik pada gambar - klik download di pojok kanan atas

biasanya setiap orang dirumah secara gak sadar sudah punya peralatan menjait lho. minimal jarum tangan dan benang. iya gak sih? untuk yang belum punya sama sekali kamu bisa cari peralatan ini secara lengkap di toko-toko kecil biasanya toko tukang obras pasti jual semua yang aku sebut disini.

semoga postingan ini membantu ya guys! <3

Love,
Cikita

3 comments:

  1. Udah lama pengen belajar jahit tapi inget jaman SMP pas belajar jahit. . . Nggak rapi banget! Hahahah. Akhir-akhir ini kerasa sih belajar jahit itu penting. Sekarang jasa jahit udah mahal, bakal lebih hemat belajar jahit sendiri. Tapi pikiran udah kebawa dari dulu kalo jahit itu susah:/ dan lihat post ini ternyata banyak banget yang mesti dipelajari T.T gpp deh. bookmark dlu post nya yang penting hehehe:p Thanks for sharing<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama-sama makasih bookmark nya :D
      hihi betul banget jasa jait mahal karena ternyata prosesnya gak semudah itu setelah dipelajari :(
      tapi bagi perempuan punya keterampilan itu penting sih mungkin bisa terampil menjait, memasak, menyulam dan lain lain, yang penting punya keahlian non-formal.
      ini agak klise sih, menjait itu memang sulit untuk pemula apalagi kesabaran sangat dibutuhin. setelah aku belajar lebih kurang 2 tahun aku baru bisa jait lurus tanpa mencong dan gak keputus. mungkin progres nya lambat tapi memang untuk sampe bisa ngendaliin jaitan butuh latihan supaya terbiasa... setelah liat hasil baju yang kita bikin rasanya seneng bukan main. :)

      Delete
  2. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat tas?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete