2/18/2016

A Short Motivation Letter For You And I


hello again Thrusday! kamis adalah hari dimana aku share ilustrasiku + quotes. setelah 20 hari bangun pagi dan bersiap les jait akhirnya sekarang aku punya waktu pagi yang luang. waktu senggangku disaat pagi biasanya aku pake untuk gambar dan latihan jait. aku mau sedikit flashback tentang perjalanan di dunia jaitku yang baru pernah hilang ini. dari awal tahun 2010 aku belajar jait, udah ada banyak rok, blus, kemeja yang pernah aku buat. saat itu aku bisa bilang kalau hasil jaitanku belum sempurna. wajar aja kan ya? namanya juga baru belajar. walaupun begitu tapi aku kekeh merasa "aku bisa" dan aku kecewa dengan hasilnya yang masih belum sesempurna itu padahal aku yakin banget kalau "aku bisa". dari situ aku mulai merasa jadi seorang loser yang menyerah begitu aja hanya karna aku gagal menjait dengan rapi. seharusnya kejadian itu bikin aku makin semangat ngejait tapi aku malah berhenti untuk waktu yang lumayan lama mungkin sekitar 3-4 tahun. semasa itu aku isi dengan kesibukan sebagai mahasiswa yang lagi nyusun skripsi di kampus, kemudian aku lulus dan mulai sibuk kerja sebagai graphic designer di www.iwearup.com.




begitupun dengan menggambar, bertahun-tahun aku punya cat air, pensil warna, krayon, dan kertas polos numpuk dirumah gak kesentuh hanya karna alasan "berkali-kali gambar hasilnya jelek. kayanya aku emang ga bisa gambar deh. sayang kertas dan cat airnya kalo gambarnya jelek!". bahkan aku berprasangka jelek ke diriku sendiri. apa ada orang sukses yang ngelakuin hal kaya gini? gak ada lah ya! hahaha :P

gak kerasa udah satu tahun aku berkarir tapi aku masih merasa ada yang kurang, ada yang kosong, aku merasa kepalaku gak ada isinya, aku merasa bodoh dengan hidup dan karirku yang monoton. aku merasa pengen ngerjain banyak hal tapi aku bingung apa yang harus aku kerjain? aku merasa gak produktif, aku merasa gak berguna at least untuk diriku sendiri. aku orang yang punya banyak ide but why am I making NOTHING?

perasaan-perasaan tersebut perlahan mulai ilang karna komunitas Morning Drawing yang dibentuk oleh serotang temen. temen-temen dan aku punya banyak kegiatan gambar bareng tiap minggu. padahal, bareng Morning Drawing aku cuma gambar objek random disekelilingku tapi entah kenapa justru ini yang jadi trigger utama yang ngebalikin rasa cintaku pada fashion dan seni gambar.

baca tentang Morning Drawing disini: hellofest10 x MorningDrawing

waktu itu seorang temen nyampein sesuatu yang kira-kira begini maksudnya, "ngeliat sesuatu itu jangan selalu merasa 'aku bisa' atau 'aku tau'. tapi jadilah, orang yang punya rasa ingin tau, ingin belajar, ingin bisa. ubah kata-kata itu dengan, 'aku belum bisa. tapi nanti aku belajar supaya aku bisa.' atau 'bagaimana ya caranya supaya aku bisa?'"

aku tersindir. betul apa yang dia bilang. kunci utama untuk menjadi bisa adalah belajar dan kunci utama untuk belajar adalah dengan merendahkan hati. buka pintu hati dan pikiran agar ilmu pengetahuan bisa masuk dengan mudah. mulailah mendengar lebih, tanamkan rasa ingin tau yang lebih dan ikutilah prosesnya meski sulit. kemudian aku jadi semangat. semangat banget! dan bersyukur aku dikelilingi orang yang bisa membawa dampak positif untukku.

berangkat dari kesadaran bahwa aku bukanlah fashion designer dan illustrator yang handal, maka aku berkomitmen untuk selalu berkarya, entah hasilnya bagus atau enggak menurut orang lain. tapi bagiku, aku harus menghargai jerih payahku dengan tidak mengejek hasil karyaku sendiri melainkan aku jadiin acuan supaya besok aku bisa bikin karya yang lebih baik. there is always a room for improvement, right?

yang terpenting adalah konsisten untuk selalu berkarya. aku lepasin aja semua yang aku rasa dan yang aku bayangin dikepala. aku gambar apa yang aku mau tanpa penggaris atau garis bantu supaya hasilnya bener-bener natural sekaligus ngelatih gerak tanganku yang masih kaku. begitupun dengan jaitan, aku nikmatin prosesnya yang sulit dan melelahkan. berjam-jam aku duduk di meja jaitku hanya untuk bisa menjait lurus kadang aku merasa bersalah udah "buang-buang" waktu. but hey! ga ada yang terbuang sia-sia selama waktu yang kamu habiskan untuk belajar. our times are not wasted but invested untuk masa yang akan datang.

harus aku akui bahwa perjalananku untuk ngejar semua mimpiku mungkin terlihat lambat. tapi aku tau, gak akan ada sesuatu yang sia-sia kalau kita mau berkomitmen dan mengerjakannya dengan tulus.

"you're not a mess. you're brave for trying."

motivation letter, contoh motivation letter, tulisan motivasi, motivasi hari ini, motivasi untuk semua blogger, motivasi untuk pemuda, motivasi untuk seniman, motivasi, motivation today, motivasi fashion designer, motivasi fashion illustrator, ilustrasi fashion indonesia,

2 comments: