3/21/2016

tutorial: cara membuat tas serut kecil

seharian di meja kerja mandangin tumpukan kain yang belum di jadiin sesuatu yang lebih bermanfaat. akhirnya kepikiran untuk bikin small pouch tali serut hihi lumayan untuk bawa keperluan perempuan kalo pas pergi-pergi. ada yang tertarik untuk coba bikin kantong ajaib ini? baca tutorial selengkapnya yaa!


  1. dua helai kain dipotong persegi (ukuran bebas sesuai keinginan)
  2. tali (boleh menggunakan berbagai macam jenis tali)
  3. ronce kecil untuk menutup simpul tali

kebetulan kain yang aku pakai adalah kain 'furing' jadi sisi di kedua kain keliatan sama. kalau kamu pake kain jenis lain dimana kain itu punya sisi bagus dan sisi jelek, maka letakan kain persegi dengan sisi bagus saling menempel.
seperti yang bisa kalian liat diatas aku letakin dua helai kain sejajar sama sisi-sisinya. oops, tapi ada yang gak rata sisi kainnya hehe ga apa-apa nanti diakalin. :P
jait pada sisi kanan kain seperti yang udah aku tandain di foto
hasil jadinya terlihat seperti ini. setelah itu kain dibentangkan ya...
setelah dibentangkan, tepi kain bagian atas dilipat seperti contoh foto diatas. gunanya untuk membuat jalur tali nanti.
kalau berhasil, hasil jaitannya akan seperti gambar diatas. tampilan full-nya akan seperti dibawah ini.
sekarang masukin talinya. untuk memudahkan, kamu bisa pake peniti dan pasang diujung talinya, masukin perlahan sampai keluar di lubang yang lain.
untuk membuat tampilan tali lebih baik, kita akan membuat ronce seperti ini. caranya masukan tali ke dalam ronce kemudian ikat simpul ujung tali.
setelah selesai menjait bagian terkahir, pouch kamu sudah bisa langsung dipakai. yeay! mudah kan? ;)
untuk tutorial menjait lainnya silahkan join Google+ Communities Sewing Gal di tautan dibawah ini. sampai jumpa di tutorial selanjutnya ya! :)

5 comments: