Saturday, June 11, 2016

tutorial: cara membuat bisban / bias tape

pada tau bisban kan? ada banyak versi penyebutan bisban guys. ada yang bilang pita ada juga yang bilang bias tape (bahasa Inggris). saya sih lebih suka nyebut bisban.

bisban yang sudah jadi memang banyak dijual di pasar. lebih praktis, tinggal beli lalu pasang. tapi kadang kita pengen warna bisban serasi sama baju yang kita bikin.



jadi ga ada pilihan lain selain bikin sendiri. caranya sih mudah cuma mungkin buat sebagian orang agak ribet karna harus disterika dulu satu-satu. sebelum mulai, cuma mau ngingetin kalo ini bukan tutorial memasang bisban ya guys tapi ini tutorial cara membuat bisban. cara memasangnya  akan aku jelasin di postingan berikutnya.

potong kain


sebelum potong kain, tentuin dulu bagian mana yang mau dipasang. menentukan bagian sangat penting guys karna ada 2 cara memotong bisban tergantung kebutuhannya. seperti contoh gambar dibawah ini.
biasanya di baju ada bagian yang rata/lurus dan ada yang melingkar/melengkung. kedua bagian ini berbeda treatment nya. kalau kita memang mau bikin bisban di bagian baju yang rata/lurus doang maka pola yang kita letakan dikain dan yang akan digunting harus lurus juga.

cara ini gak berlaku untuk bagian yang melingkar/melengkung seperti bagian leher ya guys. untuk bagian itu pola harus diletekan dikain dalam keadaan miring 45 derajat, barulah digunting. biar gak bingung liat lagi contoh dibawah.
note: bagian warna pink kita anggap kain dan yang warna kuning kita anggap pola bisban ya.
seperti itu contohnya. ini penting guys, kalo kamu coba-coba mau bikin bisban untuk bagian melingkar/melengkung tapi motong kainnya lurus, dijamin bisban kamu melintir, kusut, dan susah diatur. *pengalaman banget*


lebar pola bisban sebenernya suka-suka. tapi kalo aku pribadi nyaranin 3cm atau 4cm.


presssss


kain-kain setelah dipotong masih lemes, susah diatur. nah, ini juga cara yang gak boleh dilewatin tiap bikin bisban. kamu harus nyetrika si bisban-bisban ini. harus di pressss sampe rapih pake setrika super panas.

kain yang udah dipotong, lipet jadi dua. biar gak ribet dan kebuka-buka, amanin aja pake jarum pentul kaya contoh diatas. disetrika gunanya untuk cari garis tengah dulu dari bisban ini.

kita udah dapet garis tengahnya. lalu, buat apakah itu?
buat ngasih tanda batas tepi kain yang akan kita lipet ke dalem. kaya contoh dibawah.
lakuin untuk tepi kanan dan kiri ya guys, lalu setrika lagi yang agak lama sampe lipetannya rapih dan ga kebuka-buka lagi.
nanti hasil akhirnya seperti ini dan siap dijait ke baju. yang paling penting sih harus sering-sering di press pake setrikaan karna kalo dia susah diatur, nanti agak susah juga dijaitnya. buat kamu yang pake bahan satin hati-hati gosong yah kainnya kalo kebanyakan di press hehe

semoga bermanfaat yah tutorial bikin bisbannya. jangan lupa follow aku di instagram @ashtaroovia dan share hasil jaitan kamu di Instagram pake hashtag

#AshtarooviaStitch


semoga tutorianya bermanfaat. jangan lupa di share. ;)

love,
Cikita

2 comments:

  1. Love this amazing blog, truly inspiring, great tutorial as well, thank you for sharing!!!

    xxx

    www.supercarmission.com

    ReplyDelete