Friday, June 10, 2016

tutorial: cara menjait ban pinggang karet / elastic waistband

hi, assalamualaikum, seneng deh akhirnya bisa bikin materi tutorial lagi. semenjak ganti konsep dan nama blog, aku jadi semangat bikin sewing project. alhamdulillah. mungkin sebagian dari kamu udah baca sewing project planner yang aku buat beberapa hari lalu, yap, aku mulai dari tutorial membuat ban pinggang / waistband dulu ya.

membuat karet pinggang celana atau yang juga biasa disebut elastic waistband ternyata gak sesusah yang dibayangkan lho!


waktu baru bisa ngejait, banyak banget bagian-bagian baju atasan atau bawahan yang paling males aku jait. salah satunya adalah ban pinggang atau waistband. karna setiap kali aku ngejait waistband ada aja salahnya yang bikin aku jadi capek dan nyerah. haha! tapi sekarang aku udah berani bikin sendiri dan berhasil *bangga*. yasss! faktor utamanya memang cuma satu guys, latihan. kalo masih belom bisa juga, coba belajar dari yang sudah pernah berhasil. seperti aku, aku bisa bikin waistband karna aku les jait lagi dan banyak tanya ke guru jaitku. hihi. tapi semoga tanpa harus les jait dan banyak tanya ke orang lain, setelah baca tutorial ini, kamu jadi langsung bisa bikin waistband juga yah. insyaAllah. ;)



step by step


1. beri celah sedikit pada ban pinggang bagian belakang

setelah kamu jait pola celana dengan pola pinggang jadi satu, jangan lupa sisain sedikit celah untuk memasukan dan mengeluarkan karet pinggang. kamu bisa liat contoh fotoku dibawah ini, udah aku tandain bagian mana yang gak dijait sama sekali. untuk lebar celah bebas sesuai keinginan atau yang menurut kamu mudah untuk dimasukin karet.

sekedar catatan, pastiin lebar karet celana kamu sesuai dengan pola ban pinggang yang kamu bikin ya. jangan sampai karet kelipet saat proses dimasukin ke ban pinggang.
kalo ngeliat foto diatas memang lebar banget ya celah yang kubuat. :P'

2. ukur pinggang

walau kita tau karet bisa melar dan mengikuti lingkar pinggang kita, panjang karet tetep harus diukur lho. cara mengukurnya seperti gambar dibawah ini. posisi perut harus dalam keadaan normal (jangan tahan napas). tarik dan lingkarkan karet keliling pinggangmu. tapi karetnya jangan ditarik terlalu kenceng ya karna nanti bisa terlalu ketat diperut dan bikin gak nyaman.

cara aku ngukur karet biasanya lingkar pinggang dikurangi 5cm. misalnya lingkar pinggangku 70cm, lalu dikurangi 5cm jadi 65cm panjang karet yang akan aku potong.

3. selipkan karet ke ban pinggang

setelah celana sudah siap, karet sudah dipotong, sekarang giliran karet diselipin ke dalam ban pinggang lewat celah yang sudah kita buat. karna masukin karet ke dalam ban pinggang ini agak tricky jadi aku pake peniti besar biar mudah tracing keberadaan si karet pas udah didalem dan biar mudah juga narik keluarnya.

4. finishing

kalo udah sampe di step ini dan kamu yakin karet gak melintir didalem itu tandanya kamu udah 90% berhasil guys. sisa 10% nya tinggal finishing aja. 
kalo karet udah saling ketemu di celah yang kita buat, sekarang jait kedua ujung karet jadi satu. biasanya aku bikin bentuk jaitannya persegi dan dijait maju mundur supaya kuat. yang terakhir, jait celahnya supaya tertutup rapi dan celana siap kamu pakai.

the result

semoga kamu suka sama tutorial ini dan bisa bermanfaat selalu. insyaAllah. oh, iya biar gak ketinggalan update seputar jait menjait silahkan join komunitas Sewing Gal di Google+ ya. kalau ada saran dan pertanyaan silahkan tanya lewat social mediaku, link ada dibawah.

see you in the next tutorial! :)

love,
Cikita





3 comments:

  1. pas udah nemuin karetnya diujung dan udah dijait eh tau2 melintirrr duh bingung deh --"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalo mau sih dedel ulang atau yaudah biarin aja melintir namanya juga percobaan haha :))

      Delete
  2. Love to visit this great blog, truly inspiring, thank you for sharing!!!

    xxx

    www.bridesonamission.com

    ReplyDelete