6/20/2016

tutorial: memasang bisban / bias tape

sudah pernah baca blog aku sebelumnya tentang cara membuat bisban? kalau belum silahkan baca disini: cara membuat bisban (bias tape). buat yang sudah baca dan masih bingung bagaimana cara menggunakan bisban pada baju, tenang aja karna akan aku bahas di postingan ini. :)

secara umum bisban biasanya digunakan pada pinggiran baju supaya keliatan rapi. kebanyakan baju memiliki finishing pada kampuh seperti di obras, neci, atau diberi facing (lapisan) tujuannya biar rapih. namun dengan bisban kita gak perlu ketiganya. cukup bisban aja kok.


bisban pada baju gak pernah jadi suatu keharusan ya. contoh, gak semua kamisol harus memakai bisban pada lingkar leher dan lengannya. ada juga yang jait kelim kecil atau memakai facing. jadi semua tergantung kebutuhan atau hasil akhir seperti apa yang kamu inginkan untuk bajumu. yuk, kita lanjut belajar memasang atau menjait bisban (bias tape) lewat tutorialku.

memasang bisban


disini saya sudah punya baju yang akan dipasangkan bisban. saya juga sudah menghitung panjang bisban yang dibutuhkan. dari tutorial cara membuat bisban (bias tape), saya sudah punya bisban yang siap dipasangkan.
jika ditutorial sebelumnya kamu sudah berhasil membuat bisban, maka di bagian ini tugas kamu hanyalah menempelkan bisban menggunakan jarum pentul ke pinggiran yang diinginkan. saran dariku, kalau kamu mau buat kamisol bagian yang wajib dipasang bisban pertama kali adalah lingkar leher atau pinggiran dada dan punggung baru setelah itu lingkar lobang lengan. tapi kalau kamu kamu bikin untuk kaos mulai darimana aja gak masalah.
alasan utama kenapa saat membuat bisban harus kita press dengan setrika super panas adalah supaya bisban memiliki bentuk yang teratur tidak mudah berubah walau harus kita tusuk jarum pentul dan dijait. selain itu juga kita punya garis bantu supaya jaitan gak melenceng seperti contoh dibawah ini.
perhatikan gambar diatas, bisban yang aku tempel ke baju diamankan dengan jarum pentul baru kemudian siap dijait dengan mesin. garis bekas setrika pada bisban kita jadikan acuan menjait jadi menjaitnya pelan-pelan jangan sampai melenceng dari garis bantu itu.
hasil jadinya bisa lebih rapih berkat garis bantu tadi. lihat detil dibawah ini...
step pertama telah selesai. itu tandanya kamu sudah setengah jalan memasang bisban. sekarang lanjut menutup bisban. kalo dari samping akan terlihat seperti sandwich karna berlipat berlapis.
pastikan bisban yang kamu lipat menutupi jejak jaitan pertama supaya tampilannya rapih. jahitnya mepet ke bisban ya seperti contoh dibawah ini...
dan bisban kamu sudah jadi. selamat! :)
jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan komen dibawah ya dan jangan lupa untuk join komunitas Sewing Gal untuk info tutorial dan seputar menjait paling update. terimakasih sudah mampir di Ashtaroovia & Stitch. have a great day! ;)

love,
Cikita


follow me
Love, Cikita


No comments:

Post a Comment