8/11/2016

tips: supaya kuas lukis enak dipakai

hal simple yang mungkin gak diketahui semua orang yang suka pakai kuas lukis.

aku pernah beli kuas lukis yang murah meriah namanya Yi Pin Xuan. ujung kuas lembut banget dan enak dipakai (aku sempet berfikir apa kuas mahal juga begini rasanya? kok sama seperti yang murah ya? hehe), abis beli aku langsung buka bungkusnya dan aku coba ngelukis pakai kuas itu. karna kuas yang aku beli itu satu pak cuma isi tiga jadi beberapa minggu kemudian aku beli lagi flat dan rounded brushes merk Joyko (aku ga tau apa Joyko bener bener bikin kuas atau gak), masing masing nomornya lengkap dari 1 sampai 12. tapi, kuasnya nyebelin banget. cat airku cepet kering dan warna gak keluar kalo dipolesin ke kertas. guess why?? karna ternyata kuas yang baru dibeli itu sebagian besar ujung sikat atau rambut sintetisnya dilapisin semacem wax gitu. itu yang bikin warna ga keluar dan kuas cepet kering. aku baru tau tipsnya supaya kuas 'baru' jadi enak dipakai.

bahan

  1. air hangat secukupnya
  2. sabun cuci piring 1 tetes
  3. tissue

instruksi

  1. masukan satu tetes sabun cuci piring kedalam air hangat. aduk sedikit sampai keluar busa kecil.
  2. masukan ujung kuas lalu remas supaya wax yang masih menempel bisa lepas. jika masih terasa sangat licin, berarti wax masih belum lepas dan ulangi lagi step ini.
  3. diamkan sekitar 15 menit

setelah itu, angkat kuas-kuas dari rendaman dan keringkan alami dengan angin. foto diatas kuas-kuas merk Joyko yang bisa dilepas dan dipasang ujungnya. step ini juga bisa dilakukan ke kuas yang gagangnya panjang dan gak bisa dilepas juga kok. selamat mencoba dan semoga kuas lukis nya makin enak dipakai! :)

Love, Cikita


No comments:

Post a Comment