Thursday, August 4, 2016

tutorial: cara menjait kerudung persegi dengan sepatu kelim (rolled hem)

square scarf atau kerudung persegi memangnya perlu dijait?

ada beberapa orang yang bertanya seperti ini. sebenernya perlu atau enggak sih dijait? jawabannya tergantung sama kamu. lebih suka pinggirannya dijait atau cuma dineci? kalo aku jelas lebih suka kalo pinggirannya dijait kecil. ini bukan pertama kalinya aku bikin postingan tentang jait kelim. sebelumnya aku pernah bikin video tutorial menjait kelim / rolled hem. silahkan bisa diliat dulu videonya. :)
 bahan yang kupakai kali ini adalah sejenis crepe lemes tapi ga nerawang dengan sedikit efek glitter dipermukaannya. warnanya pink salem jadi bikin muka keliatan lebih cerah... untuk kerudung aku suka warna-warni yang lembut seperti ini. untuk kamu yang merasa warna kulit wajahnya kurang cerah, bisa diakalin dengan menggunakan kerudung-kerudung dengan warna cerah namum tetap soft seperti warna-warna pastel.

 gambar diatas: sebelah kiri adalah sepatu jait standar yang biasa aku pake sehari-hari. sebelah kanan adalah sepatu yang akan aku pake untuk menjait pinggiran kerudungku. jelas kan bedanya? kalo ke toko jait bisa bilang ke penjualnya 'sepatu kelim'. dalam bahasa Inggris kelim disebut rolled hem.
 detil dari sepatu jait jika diliat dari bawah. sepatu kelim ada jarum kecil dan cover memutar untuk memudahkan proses kelim.


memang diperlukan cara khusus dalam menjait kelim pada kerudung. pertama, ujung bahan yang akan dikelim harus dilipat sekecil mungkin sampai muat melewati sepatu kelim. semakin kecil lipatannya, semakin besar peluang berhasil menjait kelim karna proses awal ini menentukan bagus tidaknya jaitan kelim kita.
 setelah dilipat biasanya aku turunkan jarum supaya bahan gak lari kesana kemari.
 dengan sedikit tenaga dan tarikan, ujung bahan yang udah dilipat diselipkan diantara jarum dan cover-nya. selanjutnya jalankan mesin dan jangan sampai putus ditengah jalan. kalau gagal, terpaksa harus dedel dan ulang jaitan dari awal. serem yah! :P


 the last look


seperti ini hasil jadinya pas udah dipakai. how do I look? liat photo diary selengkapnya di link ini ya.
jait kelim memang susah susah gampang. kalo hari ini gagal mungkin bisa dicoba beberapa hari lagi sampe mood-nya semangat lagi. aku sendiri latihan jait kelim harus gagal 10x sampai akhirnya bisa. setelah bisa pun hasilnya belum sempurna banget. memang kalo ngejait harus sabar baru bisa jago hihi. liat juga video tutorial jait kelim atau rolled hem dipostingan lamaku. selamat mecoba ya!

Love, Cikita


No comments:

Post a Comment