Friday, March 24, 2017

tutorial: cara membuat kalung choker transparan

ini proyek yang bisa dibilang iseng banget karna saya punya banyak bahan-bahan sisa dari proyek lama. saya termasuk orang yang apik dalam menyimpan barang, apalagi barang sisa proyek jait. walau hanya sepotong kecil jika dirasa masih bermanfaat pasti saya simpan untuk dipakai lagi kemudian hari.

liat hasil akhirnya disini → AtjilAynna meets choker


di tulisan kali ini saya mau buat kalung choker yang lagi tren dikalangan anak muda masa kini. ๐Ÿ˜› bahan-bahan yang saya punya sebaga berikut:


1. plastik pvc transparan
ini pvc yang biasa dipake anak sekolah nyampul buku atau yang suka dipake jadi taplak meja makan atau dulu waktu sekolah suka kasih cover taplak meja bapak ibu guru. aku beli di toko alat tulis, gak terlalu tebal dan gak terlalu tipis juga. cukup lentur untuk dikreasiin. harga satu meter nya aku lupa tapi insyaAllah dibawah 10.000 Rupiah.


2. ring stainless dan kancing jepret
ring stainless ini untuk aksesori tambahan aja sebenernya opsional sih karna choker gak melulu harus pake ring stainless ditengah seperti contoh choker dibawah ini.
untuk kancing penutupnya pun saya hanya memanfaatkan alat yang ada yaitu kancing jepret seperti foto diatas. kalau kamu gak punya dan ada alternatif lain silahkan dicoba yang penting intinya kalung choker bisa dikait dan digunakan. ๐Ÿ˜ƒ


kalau kamu memakai ring stainless seperti saya, jangan lupa untuk menghitung diameter ring tersebut. seperti pada gambar diatas, ring saya berdiameter 4,5cm. ukuran diameter ini nantinya akan dikurangi oleh ukuran lingkar leher. misal, lingkar leher saya 35cm lalu dikurangi panjang diameter ring stainless sebanyak 4,5cm, maka panjang pvc yang harus saya potong sebesar 30,5cm dibagi dua (untuk sisi kanan dan kiri).


sekarang gambar panjang choker diatas pvc pakai spidol. inget-inget, untuk tau ukuran choker, silahkan hitung lingkar leher dikurang diameter ring stainless kemudian dibagi dua. setelah cetak pola ke pvc, tambahkan sekitar 2cm disebelah kanan dan sebelah kiri. oh ya, lebar choker saya sekitar 2cm.


setelah itu gunting pvc sesuai pola yang sudah ditandai. memang nanti agak sedikit kotor pvc nya karna abis dicoret-coret spidol tapi bisa dibersihin kok pake toner wajah atau cuci pake sabun.


pada tahap ini sebenernya udah 'selesai'. tinggal kaitkan pvc ke ring stainless bisa dengan dijait atau dilem menggunakan UHU lalu pasang kancing jepret. tapi, saya pengen yang lebih ribet lagi. ๐Ÿ˜€ saya pengen ada sequins nya didalem choker.


jadi saya potong pvc 2 pieces lagi. totalnya sekarang ada 4 potong pvc.


langsung aja susun sequin diantara pvc. jadi seperti sandwich gitu.


kemudian jait sekeliling pvc dengan warna benang sesuka kamu. inget ya, jangan jait batas toleransi 2cm yang kita buat tadi karna itu nanti akan kita kaitkan ke ring stainless. dan 2cm di bagian lainnya untuk posisi kancing jepret.


jangan lupa kancing jepretnya. dan selesai deh! ๐Ÿ˜™



lumayan sih buat dipake foto-foto dirumah. walau harus aku akuin itu jaitannya gak bagus bagus amat haha ๐Ÿ˜“untuk hasilnya setelah dipakai temenku bisa liat di postingan ini AtjilAynna meets choker terimakasih ya buat yang ikut mantengin blogku. semoga bisa kasih tutorial bermanfaat seterusnya. ๐Ÿ˜Š

Love, Cikita


2 comments:

  1. I like the idea of a clear choker. There’s nothing wrong with using left over material for new crafts, it’s a great money saver and also good way to get your creative juices flowing. This choker is a keeper.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you so much Mary. It was an impulsive idea but turned out to be one of my favorite DIY project. ��

      Delete