Tuesday, June 13, 2017

tutorial: DIY ombre top dengan cat akrilik

memutuskan untuk beli baju warna putih adalah salah satu wishlist saya tapi bikin was-was juga. seperti yang kita semua takutkan, baju warna putih lebih cepat menonjolkan noda walau hanya setitik ketimbang baju warna gelap. dan itulah yang akhirnya terjadi pada baju warna putih favorit saya. hampir baju ini saya buang karna frustasi melihat noda besar dibagian depan dan belakang baju sampai akhirnya saya liat cat akrilik yang dulu pernah saya beli masih tersimpan rapi di meja kerja. klik untuk liat transformasi baju putih saya... 😀


seperti yang bisa kita liat di permukaan baju ini ada bekas noda tertinggal dari setrikaan. nodanya besar banget dan sangat jelas. bukan hanya dibagian depan tapi noda ini juga ada dibagian belakang. walau sempet kepikiran mau saya warnai pakai wantek tapi saya pikir itu bukan ide yang bagus karna pertama baju harus direbus berbarengan dengan wantek, sedangkan baju saya berbahan scuba mesh yang saya sendiri gak tau apa jadinya kalo ini dicelup ke air mendidih. dan sebenarnya warna wantek itu sendiri lebih translucent dan tidak pigmented jadi saya yakin wantek gak akan berhasil menutupi noda besar ini. setelah dipikir-pikir dulu saya juga pernah membuat DIY color block totebag dengan cat akrilik.

baca selengkapnya disini tutorial: DIY mewarnai tas dengan cat akrilik

bahan-bahan yang dibutuhkan

  1. cat akrilik
  2. botol spray
  3. sponge
  4. alas / hanger

keterangan:


untuk cat akrilik kamu bisa pakai merk apa aja. sedangkan untuk alat lainnya seperti botol spray, sponge, alas dan hanger itu hanya alat untuk memudahkan. kalo kamu punya metode lain untuk mewarnai pakaian kamu misalnya pakai kuas cat tembok, ya boleh aja. 😁


jadi, seperti yang ada pada petunjuk pemakaian cat akrilik (lihat kemasan), kita diperbolehkan untuk mencampur air secukupnya kalau cat terasa terlalu kental. karna saya pakai botol spray otomatis kalo cairan terlalu kental gak akan bisa di pompa sama botolnya. jadi saya tambahin air sedikit.

memang penambahan air jadi bikin cat kita gak terlalu 'kreng' atau pigmented warnanya. itu sebabnya disesuaikan aja sama kebutuhan kalian. saya sih masih oke kalo warnanya tipis nanti bisa saya layering terus menerus sampe dapet warna yang saya mau. kalo menurut kamu warna pigmented lebih baik untuk bahan baju kamu jangan ditambah air lagi yaa
setelah layerin berkali-kali lewat spray semprot dan saya tepuk-tepukin cat pake sponge akhirnya jadi seperti ini. how how?


terakhir, kamu bisa tambahin patches sebagai pelengkap. selamat mencoba yaa! 😃

Love,
Cikita

No comments:

Post a Comment