my story


cerita tentang Cikita Siregar




waktu kecil saya memang anak yang pemalu dan pendiam tidak banyak bicara tapi sangat aktif dalam berkegiatan. saya suka membuat baju-baju untuk Barbie dari kertas origami, membuat clutch dari bungkus-bungkus coklat yang saya kumpulkan hasil dari oleh-oleh luar negeri karena menurut saya kemasannya 'langka' tidak dapat ditemukan di Indonesia, kemudian saya juga suka menggambar. tapi  kebiasaan kreatif itu sempat menghilang saat saya duduk di bangku Sekolah Menegah Pertama (SMP). saya lebih memilih bermain bersama teman-teman. saat masuk Sekolah Menegah Atas, saya mulai mempertanyakan apa hobi dan cita-cita saya selama ini dan ingin menjadi apa saya ketika lulus kuliah nanti. well, saya gak bisa menjawab apa cita-cita saya saat itu tapi yang jelas sejak saat itu saya menjadi sadar kalau saya ada ketertarikan dalam bidang seni gambar dan tata busana. saya berniat untuk lebih serius menekuni bidang tersebut.





tahun 2009 saya kuliah di jurusan Ilmu Perpustakaan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. saya sempat merasa tidak semangat karena jurusannya 180º berbeda dari minat saya di bidang seni dan design. kampus tersebut merupakan kampus harapan orang tua dan jurusan tersebut adalah jurusan yang saya pilih untuk sekedar cari 'aman', meski akhirnya sekarang saya merasa senang dan bangga bisa jadi Sarjana Ilmu Perpustakaan.


masa-masa kuliah saya manfaatkan untuk aktif berkegiatan di dalam maupun di luar kampus. salah satu kegiatan saya di luar kampus adalah kursus menjait. saya mendaftar kelas dasar kursus menjahit di Juliana selama tiga bulan. namun, karena saat itu saya juga sibuk kuliah akhirnya masa belajar jadi mundur satu tahun tanpa sempat ikut ujian akhir dan sertifikasi.

beberapa bulan setelah berhenti kursus, dengan sangat percaya diri saya membuat brand pertama yang fokus pada busana muslim. koleksi pertama yang saya jual adalah kerudung pashmina yang produksinya saat itu berkolaborasi dengan teman kuliah saya. pada koleksi kedua, saya masih memproduksi kerudung namun kali ini saya kerjakan sendiri mulai dari pemilihan bahan sampai penjaitannya. saya senang karna saat itu penjualannya sampai ke distributor di Malaysia. tapi setelah itu semua kegiatan jahit menjahit sempat lama berhenti karena harus fokus menyelesaikan kuliah S1 sampai akhirnya saya lulus kuliah di awal tahun 2014.

di tahun yang sama, saya langsung bekerja sebagai freelance graphic designer di UP shoes sampai sekarang. walau sempat merasa sibuk dengan pekerjaan namun waktu bebas sebagai freelancer saya manfaatkan untuk belajar menjait (lagi) selama total dua bulan dari kelas dasar sampai terampil. sejak saat itu saya memutuskan untuk full-time sebagai 'tukang jait'. hehehe

walau sebagian orang bilang saya gak fashionable tapi jauh dilubuk hati saya, saya suka banget fashion. dunia menjahit bukan hal yang asing bagi saya. mulai dari kakek, tante-tante sampai ke ibu saya adalah penjait. selain minat dan bakat yang diturunkan, mereka juga menjadi inspirasi saya untuk menjait. pelan-pelan angan-angan saya di masa SMA terwujud.

alhamdulillah, sampai saat ini saya masih diberi kesempatan oleh Allah untuk berkarya lewat brand karya saya sendiri yaitu Percée, Histori Repeats dan Cikita Benjamin. ketiganya mewakili diri saya dari tiga sisi yang berbeda. Percée adalah brand muslimah yang mengusung gaya sederhana namun elegan sesuai dengan slogan-nya simplex munditiis dan tidak dipasarkan sebagai brand ready-to-wear karna saya ingin mengusung konsep made-to-measure agar semua muslimah dapat memakai baju sesuai kebutuhannya. Histori Repeats mewakili kecintaan saya pada grafis dan visual art. sedangkan Cikita Benjamin adalah proyek idealis untuk wanita segala kalangan, budaya, agama dan latarbelakang. di tahun 2016 ketiganya masih dalam proses perencanaan koleksi untuk portfolio. semoga ketiganya bisa launching secepatnya. amiiin.


the beauty of a woman is not in a facial mode but the true beauty in a woman is reflected in her soul. it is the caring that she lovingly gives the passion that she shows. the beauty of a woman grows with the passing years. 


Audrey Hepburn



mungkin banyak yang gak tau kalau saya orang yang dynamic dan fun. saya suka dengan hal baru, selalu banyak ingin tau dari hal kecil sampai besar dan hal penting sampai hal random. saya juga suka bereksperimen dengan ide-ide yang saya punya. selain fashion dan menjait, interest terbesar saya ada pada visual art. ini faktor utama saya memilih bekerja sebagai graphic designer dan aktif ikut menggambar bersama komunitas Morning Drawing. menggambar adalah hal yang paling saya gemari sejak kecil. dulu, menggambar hanya sebatas iseng mengisi kertas kosong, tembok kosong, dan jam kosong saat kuliah bahkan mengisi otak yang kosong saat sedang berada didalam kelas. sejak lulus kuliah, saya mulai sadar dengan passion saya dalam bidang seni. karna menggambar adalah kemampuan yang saya miliki, akhirnya saya mulai belajar me-manage ide-ide, skill dan passion  supaya gak menjadi hal yang sia-sia. lewat komunitas yang dibangun bersama teman-teman saya bisa berbagi ide dan skill lewat workshop sederhana.

walau saat ini saya sudah merasa ada di 'jalur' yang saya inginkan namun tidak menghentikan niat saya untuk belajar dan berlatih lebih giat lagi. lewat blog ini, saya berharap bisa membagikan hal-hal bermanfaat dan bertemu banyak teman dengan minat dan passion yang sama. terimakasih sudah mampir di blog pribadiku! 😊



ikuti saya di sosial media