Thursday, March 3, 2016

LEARNING: BASIC SEWING 1 - SEWING EXERCISE WITHOUT THREAD PART 1 + FREE DOWNLOAD EXERCISE SHEETS


sesuai dengan rencanaku yang pernah aku sebut di postingan SEWING TOOLS FOR BEGINNERS + FREE DOWNLOAD SHOPPING LIST, akhirnya hari ini materi belajar kita sudah berhasil aku upload dan siap untuk di download oleh siapapun yang pengen belajar jait. yeay! :D

pembahasan pertama kita pada Learning: Basic Sewing 1 lebih pada penyesuaian antara kamu dan mesin jait. apa kamu udah bisa ngendaliin mesin jaitmu dengan baik? kira-kira jaitanmu udah lurus sempurna atau belum? nah, untuk menjawab pertanyaan ini maka udah aku siapin Sewing Exercise Without Thread Part 1 atau lembar belajar menjait tanpa menggunakan benang bagian pertama.

kalo kamu baru pertama kali belajar jait, maka latihan ini jadi bagian yang sangat penting lho. untuk belajar, daripada ngegunain kain dan benang sungguhan yang harganya lumayan mahal, lebih baik kita mulai belajar dari kertas-kertas fotokopian yang harganya jauh lebih terjangkau. feel yang didapet dari ngejait di atas kertas dan ngejait di atas kain lumayan sama kok. jadi, hasil latihan ini bisa jadi bahan pertimbangan apakah jaitanmu sudah rapi atau belum jika diaplikasiin ke kain beneran.
download printable sewing exercise sheet pada link dibawah ini
(klik link download  klik kanan  save as)
print dan copy lembar latihan sebanyak-banyaknya.

  • download lembar latihan ini dan copy sebanyak-banyaknya. kalau aku waktu itu sampai fotokopi sekitar 10 lembar. guess what, saat itu jaitanku mencong kesana kemari jelek banget! baru bisa stabil dan bagus di lembar latihan ke 9. so, you know what it means. you'll need a lot of copies.
  • inget ya lembar latihan ini tertulis 'without thread' atau maksudnya tanpa benang. jadi pastiin mesin jaitmu terpasang jarum aja. ga usah dipasangin benang dulu. sesuai dengan tujuan awal latihan ini untuk melatih tangan dan kakimu supaya bisa mengendalikan mesin jait. kalau sudah jago, pakai benang dan kain gak masalah.
  • mungkin akan terasa bosen diawal tapi teruslah berlatih sampai lubang-lubang jaitan yang terbentuk berada di posisi yang betul-betul sempurna dan pas berada di garis bantu.
 lepas benang dari mesin. jangan lupa untuk cabut benang dari skoci juga.
letakan kertas dibawah mesin lalu turunkan sepatu mesin.
posisi kertas yang akan dijait dimulai dari titik bertanda 'mulai'. sejajarkan dengan posisi jarum.
mulailah menjait perlahan diatas kertas.
sejajarkan posisi jarum jaitan dengan garis bantu pada lembar latihan.
terus berlatih sampai jejak jarum jaitan lurus sejajar dengan garis bantu pada lembar latihan.
gimana mudahkan? kalo masih mencong-mencong diulang lagi ya latihannya sampe lurus, baru deh bisa move on ngejait pake benang diatas kain. kira-kira itu sedikit tips dariku semoga mudah dipahami :)

not forgetting to mention my sewing community, Sewing Gal on Google+ Communities. klik 'join' untuk dapetin update seputar jait menjait dariku dan anggota lainnya.


love,

2 comments: