Thursday, June 15, 2017

tutorial: brownie dress for mama

ketika sesuatu sudah biasa kita kerjakan, maka waktu terasa semakin cepat. dulu waktu awal-awal menjait rasanya waktu panjaaang banget dan sangat-sangat melelahkan. capek harus bikin pola, gunting kain, setrika beberapa bagian, obras, dll. tapi ternyata ketika itu semua jadi hal yang biasa kita lakukan jadi gak terasa lagi. gak terasa capek, gak terasa ternyata cuma butuh beberapa jam untuk menyelesaikan sebagian kerjaan. seperti dress untuk mama ini, saya hanya butuh waktu 2 hari masing masing saya alokasikan sekitar 4-5 jam sehari. mungkin...

menurut sebagian orang 2 hari adalah waktu yang masih bisa dibilang lama. tapi bagi saya ini progress luar biasa karna biasanya saya butuh waktu sekitar 7 hari bahkan lebih.


sebenernya rasa sebel itu masih ada ketika harus nusukin jarum pentul ke kain yang akan kita jait. haha it took a long time y'know?!


kira-kira sebanyak ini jarum pentul yang saya pake. kebayang ya nusukinnya satu-satu. 😓


dulu pasang sleting itu jadi hal yang menyeramkan. eh, tapi sekarang aku udah bisa masang sleting Jepang.
pernah denger di satu tutorial dia bilang intinya, semua bagian dari proses menjait itu menyeramkan untuk pemula. semua serba terlihat sulit dan kegagalan pertama biasanya bikin kita trauma, capek, dan males. padahal kunci utama menjait itu latihan sampe kita bener-bener bisa. gak pengaruh tuh sekalipun kamu sekolah jait mahal-mahal, kalau gak pake latihan gak bakal deh bisa mahir. 😁 *nasehat bagus ambil aja guys*


buat kalian yang merasa masih suka gagal bikin sleting, ini link ke salah satu tutorial di youtube yang menurut saya singkat dan jelas. watch now: tutorial: cara memasang sleting jepang.


finishing bagian leher saya punya 2 opsi antara pake 'facing' (apa ya istilahnya untuk lapisan lain didalem?) atau pake bisban. saya jarang banget bikin hem atau jait kecil gitu dileher karna gak suka aja ngeliatnya hehe

yang masih bingung gimana cara bikin bisban secara manual tanpa alat bisa cek postingan lama saya. silahkan baca tutorial: cara membuat bisban.

kalo belom mudeng facing itu apa silahkan juga tonton tutorial singkat ini tentang apa itu facing dan gimana cara jaitnya. watch now: tutorial: cara menjait facing ke baju.


sedangkan ngobras jadi hal yang paling nyenengin karna bisa liat kain brudulan disulap jadi rapih. tapi jangan ditanya ya kalo salah satu benang putus. itu juga bikin mumet masangnya lagi... 😤


pengen foto hasil jadi tapi si mama males begaya di kamera. soon akan saya upload hasil jadinya. stay tune yaa! 😊

anyway terimakasih untuk yang udah ngikutin blog saya sampai sini. sebenernya saya lagi cari masukan, saran, kritik yang membangun nih. karena tiba-tiba merasa ada yang kurang di blog ini tapi belom tau apa 😕





sekali lagi terimakasih banyak, and see you soon! 💖

Love, Cikita


No comments:

Post a Comment